Perpustakaan Sebagai Jantung Perguruan Tinggi

PERPUSTAKAAN SEBAGAI JANTUNG PERGURUAN TINGGI.

Image : Kompasiana.com

Pentingnya Perpustakaan mungkin belumlah disadari pada sebagian besar Institusi Pendidikan, Perpustakaaan masih dipandang sebelah mata oleh sebagian Institusi. Perpustakaan Perguruan Tinggi jika dikelola secara Profesional justru akan mampu mengangkat citra positif Institusinya dimata Nasional maupun Internasional

Pada Perpustakaan Sekolah dasar ( SD, SLTP, SLTA ) kegiatannya memang sebatas mendepositkan koleksi perpustakaan, kemudian membagikannya kepada pengguna, Akan tetapi pada Perguruan Tinggi, Perpustakaan mempunyai peran yang penting dalam kehidupan akademis hal ini dikarenakan ada banyak kegiatan yang yang seharusnya melibatkan Perpustakaan didalamnya dan akan mengalami kesulitan ketika kegiatan tersebut tidak melibatkan Perpustakaan.

diantaranya kegiatan itu adalah :

  1. Kegiatan pembuatan Website Perpustakaan sebagai “Home” Perpustakaan yang nantinya akan di indeks kan kedalam search engine ( Webometrick)
  2. Kegiatan pembuatan Katalog Perpustakaan baik offline maupun digital, yang meliputi :
  • Katalog Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa
  • Katalog Buku, Majalah, dan Jurnal yang dilangggan
  • Katalog Audio Visual
  1. Kegiatan pengarsipan dokumen “Arsip Statis” yang bersifat umum ke dalam Repository Institusi, yang nantinya Website Repository ini di indeks kan kedalam mesin pencari kelas dunia maupun nasional ( One Search) sehingga mampu mengangkat citra positif Institusinya.
  2. Kegiatan transaksi online “Penerbitan Jurnal Ilmiah” yang dilakukan dalam sebuah aplikasi Sistem Informasi PKP-OJS ( Public Knowledge Publication – Open Journal Systems) yang nantinya Web Jurnal ini juga akan di indekskan ke mesin pencari kelas dunia ( Google Scholar, Scopus, dll)
  3. Kegiatan Penerbitan dan Percetakan ( Publishing & Press ) yang didalamnya melibatkan pustakawan dalam penerbitan ISBN , ISSN dan pembuatan Katalog Dalam Terbitan ( KDT)
  4. Dan masih banyak kegiatan lainya yang belum disebutkan dalam artikel ini.

 

Agus Trimanto, S.I.Pust

 

 

Sending
User Review
2.5 (2 votes)