Mengakses e-Resource Jurnal yang dilanggan Perpusnas

Dalam menunjang penelitian, mahasiswa, dosen, maupun peneliti membutuhkan referensi ilmiah dalam berbagai bentuk, bisa berupa buku, jurnal, prosiding, atau yang lainnya. Tidak jarang beberapa referensi tersebut tersedia dalam bentuk digital. Kebanyakan referensi tersebut, kalau diakses dengan jalur legal, tidak tersedia secara gratis. Referensi-referensi ilmiah tersebut mayoritas berbayar. Tentunya, hal tersebut menjadi sebuah permasalahan bagi para (calon) pengakses referensi ilmiah. Namun, jangan khawatir ternyata Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) telah melanggan beberapa referensi online, di antaranya adalah sebagai berikut.

Referensi online yang dilanggan oleh PNRI dapat diakses dengan FREE alias GRATIS. Lalu, bagaimana caranya agar kita dapat mengakses referensi-referensi tersebut dengan gratis namun legal?

Caranya adalah dengan mengaksesnya melalui situs: http://e-resources.perpusnas.go.id/ dengan syarat sudah memiliki keanggotaan PNRI. Oleh karena itu, sebelum kita mengakses tersebut maka kita diharuskan memiliki keanggotaan PNRI.

Menjadi Anggota PNRI

Keanggotaan PNRI bersifat bebas dan gratis bagi Warga Negara Indonesia (WNI) baik yang sedang berada di dalam maupun luar negeri. Pendaftaran keanggotaan PNRI dapat ditempuh dengan dua cara: pertama, pendaftaran dilakukan langsung di Lt. I C Perpustakaan Nasional RI Jl. Salemba Raya No. 28 A Jakarta atau kedua, pendaftaran secara online melalui http://keanggotaan.pnri.go.id/. Nah, tentunya cara kedua adalah yang terfavorit di zaman serba digital sekarang ini, apalagi bagi yang tidak berdomisili di Jakarta. Tentunya pendaftaran secara online sangat memudahkan.  Langkah-langkah untuk memiliki keanggotaan PNRI adalah sebagai berikut.

1. Buka http://keanggotaan.pnri.go.id/, pilih Daftar.

2. Pada laman ini terdapat beberapa menu, yang terdiri dari: “Persyaratan, Kartu Anggota, Tata Tertib serta Hak dan Kewajiban”. Sebaiknya dibaca terlebih dahulu. Selamat membacanya! :p

Kemudian, pilih Lanjutkan Pendaftaran.

3. Isilah Form yang tersedia sesuai dengan kartu identitas yang masih berlaku, misalnya: kartu pelajar, kartu mahasiswa, KTP, SIM maupun Kartu Keluarga. Kolom dengan tanda bintang (*) merupakan kolom yang wajib diisi.

 

4. Berikan tanda cek pada pernyataan “Saya menyatakan data yang diisi benar dan dapat dipertanggungjawabkan, serta setuju untuk mentaati segala peraturan Perpustakaan Nasional RI” yang terletak pada bagian bawah laman.

5. Klik daftar.

Setelah melakukan pendaftaran maka kita diberikan nomor anggota sebagai tanda bahwa kita sudah berhasil menjadi anggota PNRI. Yang perlu menjadi catatan adalah nomor anggota tersebut harus dicatat dikarenakan tidak adanya email notifikasi yang dikirimkan kepada kita.

Menjelajahi E-Resources PNRI

Nomor keanggotaan PNRI yang sudah didapat bisa langsung digunakan untuk mengakses e-resources.

Nomor anggota dan password yang telah dibuat dapat langsung digunakan untuk log in pada laman e-resources. Selanjutnya muncul laman yang bisa digunakan untuk mengakses referensi online. Untuk mengaksesnya, caranya adalah dengan menge-klik logo referensi online yang tertera.

Berikut merupakan contoh dalam mengakses jurnal online yang termasuk dalam e-resources PNRI.

1. Pilih salah satu referensi online, saya memberikan contoh akses terhadap Pro-Quest. Klik logo Pro-Quest.

2. Masukkan kata kunci yang diinginkan, misalkan: “Solar Thermal Power”. Berikut tampilan Pro-Quest yang terintegrasi dengan e-resources.

3. Setelah menge-klik logo ‘pencarian’, muncul beberapa judul yang berkaitan dengan kata kunci yang dimasukkan. Pilih judul yang sesuai dengan keinginan.

Catatan: beberapa judul ada yang bisa diunduh dalam bentuk pdf. Judul yang bisa diunduh dalam bentuk PDF dilengkapi dengan tulisan Full text – PDF seperti yang ditandai dengan warna kuning pada gambar di atas. Sementara, yang hanya tertuliskan Full text berarti tidak tersedia dalam bentuk pdf.

 

4. Judul yang tersedia dalam bentuk PDF dapat diunduh dengan cara menge-klik tulisan ‘Download PDF’ seperti yang ditandai dengan warna kuning pada gambar berikut.

Perlu diketahui bahwa biaya yang dibutuhkan oleh PNRI dalam melanggan referensi-referensi online tersebut adalah sangat besar. Oleh karena itu, alangkah baiknya kalau kita memanfaatkan fasilitas tersebut dengan optimal serta bijaksana.

Sumber : http://zakariyaarif.web.ugm.ac.id/2016/03/06/jelajahi-referensi-online-dengan-e-resources-perpustakaan-nasional-republik-indonesia-pnri/

Sending
User Review
3.33 (3 votes)